SORAK DISKUSIKAN GENDER BUDGETING

Tabloid  Seumangat  :

Sejak 13-15 Oktober 2008, ada 25 perempuan dari unsur masyarakat 15 gampong/kelurahan di Kecamatan Kutaraja, Ulee Kareng, Syiah Kuala, Baiturahman, Luengbata, Jaya Baru, Banda Raya, Meuraxa dan kelompok strategis masyarakat berkumpul di Gedung Madinah Lt. II Asrama Haji Banda Aceh, untuk berdiskusi tentang perencanaan gampong dan gender budgeting.

Fasilitor Solidaritas Gerakan Anti Korupsi (SoRAK), Yulindawati yang ditemui Seumangat di tempat acara mengatakan, training perencanaan gampong dan gender budgeting tersebut bertujuan sebagai penguatan kapasitas fasilitator komunitas, agar mendapat pemahaman tentang perencanaan anggaran gampong dan gender budgeting. Ini secara langsung akan diterapkan kepada masyarakat yang berpihak pada keterwakilan kelompok rentan dan kelompok perempuan di Aceh

Out put yang diharapkan adalah adanya kajian keadaan suatu wilayah atau gampong yang dilakukan oleh fasilitator di tingkat gampong, dan adanya tahap perencanaan serta monitoring serta evaluasi dari seluruh peserta, untuk rencana baru yang akan dilakukan di tingkat gampong di setiap komunitas masing-masing. Oleh sebab itu, training dengan metode diskusi kelompok, simulasi, dan pleno ini, bermaterikan dasar perencanaan anggaran gampong dan materi dasar gender budgeting.

Menurut Community Organizer SoRAK, Sulaiman Daud, pelatihan tersebut merupakan bagian dari pelaksanaan program advokasi anggaran daerah yang partisipatif, akuntabel, dan berpihak pada masyarakat miskin.

(nonlis dcp)

Pos ini dipublikasikan di BERITA NANI. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s