KETIKA BANG MANDO MENEMUKAN “BUK FATIMAH” SEJATI

Tabloid Prohaba :

Menyongsong hari Kamis, 7 Februari 2008, dua hari  lamanya si pemain Eumpang Breueh, Mando Gapi, jatuh sakit. Parahnya, selama dua hari itu juragan bandeng ini  dikabarkan tidak tidur di rumahnya sendiri. Bang Mando sengaja hengkang ke rumah Pak Kwaket di Lhokseumawe. Ada yang bilang karena Mando perlu mematangkan diri menghadapi tanggal 7  nan penting itu. Namun  waktu dikonfirmasi, Bang Mando menampiknya berkali-kali. “…alah panena nyan, kadang si Kapluk yang peuget buet nyan. Panena chit si Kapluk nyan,” sanggahnya sembari tersenyum kecut, seperti kebiasaan mereka  saling ledek dalam VCD.   

Entah itu memang benar-benar gossip atau bukan, namun usut punya usut, ternyata Mando alias Sulaiman yang sang kekasih Buk Fatimah serial Eumpang Breueh ini, jatuh sakit karena sedang banyak pikir, makan tak enak tidur tak lelap, bukan main dilanda gundah gulana,  dan demam panggung menanti 7 Februari yang kebetulan Hari Raya Imlek itu.

Merahnya atribut Imlek tak semenyala perasaan Mando, tak sehebat degub jantungnya.

Begitulah, dengan perasaan “gado-gado” dan grogi yang luar biasa, kelahiran 12 Februari 1970 ini, akhirnya melewati hari libur nasional itu di Kuta Binje, dengan duduk di berdampingan dengan perempuan yang baru memasuki usia 20 tahun. Ernawati namanya.  Warga Keudee Arakundoe, Aceh Timur, yang kebetulan kemanakan kenalan Bang Mando sendiri. Mulanya perkenalan antara sang pemain Eumpang Breuh, dan ternyata sang perawan tela menggetarkan jiwa Mando.

“Buk Fatimah” yang ini, sedang-sedang saja kecantikannya. Tidak putih tidak hitam kulitnya. Ya, seperti impian Mando yang pernah diutarakannya pada Prohaba pada 3 November 2007 lalu. Menurut dia, tak perlu cantik-cantik amat. Nanti bisa-bisa dia sungkan menyuruh sang istri turun ke dapur. Pun kalau terlalu cantik, Mando merasa  tak pantas bersanding, karena dia merasa tak ganteng sedikitpun.

Bagaimana perjalanan cinta hingga prosesi pernikahan berlangsung? “ Mereka hanya berkenalan, lewat paman Ernawati. Lalu Mando membagi cerita itu pada kami. Kami tak buang waktu. Saya dan Aji Uma terus ‘mengipasi’ Mando. Kami takut Mando mengurungkan niatnya lagi, seperti yang sudah-sudah. Makanya, mulai dari persiapan nikah, melamar,  acara pernikahan,  berlangsung kilat. Tak ada yang diulur-ulur lagi. Pokoknya harus jadi,” ungkap Kapluk yang ditanyai Prohaba, Senin (11/2) malam.

Umar Pradana alias Aji Uma pun melamar dengan sekian mayam emas (tak ingin disebutkan-Red). Pada hari H ada dua mobil kru lelaki Eumpang Bereuh yang mengantar Mando. Tak ada Dek Yusniar.

Nah, kondisi Mando? “Dia yang orangnya hitam itu, kelihatan rada putih alias pucat pasi. Ya biasalah, dia salah tingkah. Lebih-lebih mengingat usia  sang mertua laki-lakinya,  yang paling banter lima tahun lebih tua dari Mando. Yah, akhirnya Mando menikah juga. Sebagai teman yang sudah seperti saudara sendiri, saya dan Aji Uma, lega sekarang. Mando tak bertingkah malas menikah lagi. He..he…Mando sudah jasi suami sekarang.“ beber Kapluk diikuti kekeh kecil lewat telepon selularnya.

Kenapa Mando bisa bertekuk lutut di hadapan Ernawati bok? Kecuali cukup kriteria bagi Mando, ada satu nilai lebih. Mando amat kecantol  dengan budi pekerti Ernawati. Dengan perempuan satu ini, Mando agaknya lebih percaya diri. Mereka cuma “bersama” sebulan saja. Tak ada pacaran tak ada kencan, layaknya pasangan masa kini, bila sedang penjajakan. Jodoh tak kan kemana. Tembak, langsung kena. Inilah cinta pada pandangan pertama.  

Senin (11/2),  Mando Gapi pun pulang ke rumah sang pujaan, menunaikan kewajiban baru di kamar mantennya, selain tugas menggarap sejumlah empang bandeng, atau sebagai seniman lakon. Kali ini bukan cuma mimpi mengejar-ngejar dan mebonceng Buk Fatimah dalam VCD. Mando benar-benar telah menemukan “Buk Fatimah” sejatinya. Selamat lah ya. Tapi  kapan intat linto dan preh dara baro? (nani hs)

 

 

 

 

 

 

Pos ini dipublikasikan di TULISAN LEPAS. Tandai permalink.

32 Balasan ke KETIKA BANG MANDO MENEMUKAN “BUK FATIMAH” SEJATI

  1. zahrul berkata:

    bagi link prohaba dong, kok ada email prohaba jg??
    kirem ke zahrul_elfasy@yahoo.co.id boleh juga
    makasih.
    salam

  2. abieet berkata:

    ooooohhhhh meunan…..

  3. Yani berkata:

    Slamat bln madu

  4. alifdanhabil berkata:

    Nyoe kadang

  5. iwan berkata:

    kpaa fak amiki.napa ya dosen a gk pernah msuk tp nilai c pa nilai a diberikan sambil ngopi dosen a.pantas a c to buat dosen a yg gk pernah msk..jangat ksh tgas muka dosen a pun gk namoak

  6. Azwar Ducati berkata:

    Mando……nyan boh manok gampong beuk tuwo poding meu saboh geurupoh tamah boh iteuk beulati meu 4 boh….
    baro top mar kotop… LANJUTKAN MANDO….

  7. iam syafrizal berkata:

    pajoh mangat lom,,,,

  8. munawir berkata:

    tolong donk kirim alamat web prohaba……………

  9. Badul berkata:

    Nyan stuju that long ke mando.long pngin cit lagee nyan,tpi aleh pajan.

  10. Lola berkata:

    Bg mando padup no roeneh bg

  11. Ibal berkata:

    ie mando nyan nah as lawan ngon si him morning…roda berputar

  12. rusnan berkata:

    mando nyan boh tayu kochok jeut.ee hai pluk

  13. rusnan berkata:

    kapeutubit lom pilom hai kapluk.peu haek peng ikah,

  14. Lede polok berkata:

    Mas mau dong dkrmin email prohaba tolong buanget ya mas ke email. Lede aja. Bng mando selamat ya

  15. Ariantoni berkata:

    Seperti’a film komedi eumpang breueh takkan trkenal lagi,lantas knapa,sbab bg joni alias kapluk gak romatis lagi dgan yusniar,dan bgtu uga dgan bg mando gapi gak prnah lagi jmpa ama bu fatimah,,,kata s joni. . .menye cinta na lam jntong boh muria rasa anggur…by2 Aulia pidie. . .moga film komedi umpang breueh sukses s’lalu…!!!

  16. Ariantoni berkata:

    Mando slam ya buat’a bu fatimah dan yusniar ajo,,,

  17. tasir berkata:

    bang mando… pajan jeut tapinjam honda droe neh…? meuneuk jak ba dek fatimah wkwkwkwkwk

  18. Irvan Doank berkata:

    nek mndo ”’peu kana sinyak???nek mndo bole mntak no hp gak????klo boleh krim aj ke ”almat fb saya aj nek beh”’slam eumpang breuh”moga sukses sllu.

  19. efendy berkata:

    menyoeh bak pajok mangat mandoe hana pakat-pakat.

  20. risal mi berkata:

    mando…..e mando,,, hoka ibu fatiahhhh…….

  21. kk izal na lon berkata:

    meubuet nek mando….
    Bek teuwoe nek mando saleum neu jok siat keu adex yusniar …
    Tp bek geu tupu le aji umar beh nek mando…
    Heheee,,,,,,

  22. ajier tiba berkata:

    mando k gejak meu idhang_idhing knan,,,,,,,,Hhh hh

  23. Rawati berkata:

    Alah hei bg mando paken hana nepeleumah sigoe bu fatimah sejati droen watee shoting…kamoe hna meturi lom he he…saleum keu bg Him morning ngen dek yusniar beh…!

  24. veer berkata:

    eeeee….cinlok kayk@ yhaaaa

  25. agam sidroe berkata:

    komedi acehhhhhhh lanjut terusssssssssss
    yang penteng bek kobong………

  26. 31121986 berkata:

    o……..menan ,bg mando,ban kana peng,kalandok,peu hana magatlee eeh dirumoh?……..
    meyemenan bg mando,droneh ka geugabah

  27. jihan berkata:

    seulamat meubahagia ngen bu fatimah baro

  28. Basri berkata:

    pjan iteubiet lom flm eumpg breuh mando,
    mga sukses slalu.

  29. mzack berkata:

    salem kemando…pjan tamerempok lom

  30. mzack berkata:

    bereh tat roneuh mando…

  31. joel joelfikar berkata:

    slmat bhgia bang mando gapi. smg mawaddah dan sakinah

  32. adi berkata:

    HAMBO MANDO JUE..bek preh ksingoh le nyan,,

Tinggalkan komentar